Selamat datang di Website Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Lampung.

Kepolisian Negara Republik Indonesia

Daerah Lampung

Melindungi, Mengayomi Dan Melayani Masyarkat

Informasi Pelayanan SIM Online Telah Hadir Untuk Masyarakat IndonesiaSelamat Datang di Website Resmi Polda Lampung, Untuk Informasi dan Pelayanan Masyarakat Silakan Kunjungi situs resmi lampung.polri.go.idKepala Bidang Teknologi Informasi Polda Lampung membangun sarana informasi pelayanan terpadu untuk masyarakat lampung melalui situs resmi lampung.polri.go.idPolri menerima Pembuatan SKCK Online untuk masyarakat Indonesia.

Tugas Pokok dan Fungsi Bidpropam Polda

  • Selasa, 07 November 2017 | 05:42:03
  • Humas Polda
  • Tugas Pokok dan Fungsi Bidpropam Polda

 


 

Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI)

Adapun uraian tugas dari Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Nusa Tenggara Timur berdasarkan pasal 62 Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Kepolisian adalah sebagai berikut :

1. Kabidpropam

merupakan unsur pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolda yang  bertugas :

a. Pembinaan 

b. Pengamanan internal

c. Penegakan disiplin  

d. Pertanggungjawaban profesi

e. Pelayanan pengaduan masyarakat 

 

2. Subbag Rehabpers

a. penerimaan pengaduan keberatan dari anggota dan PNS Polri antara lain proses hukum penegakan disiplin dan/atau kode etik profesi.

b. pelaksanaan registrasi dan penelitian terhadap perkara disiplin dan/atau kode etik profesi yang sedang dan telah diproses melalui mekanisme persidangan.

c. penetapan putusan rehabilitasi terhadap anggota dan PNS Polri yang telah menjalani hukuman, sedang dalam proses pemeriksaan, dan yang tidak terbukti melakukan pelanggaran.

d. pembinaan dan pemulihan profesi terhadap anggota Polri sebelum dan sedang dalam proses pemeriksaan, serta telah memperoleh putusan yang berkekuatan hukum tetap.

e. penyiapan pembinaan ulang profesi bagi terhukum melalui program pendidikan dan pelatihan, atau yang ditetapkan oleh Atasan dari Terhukum.

 

Subbag Rehabpers dibantu oleh :

1) Urusan Registrasi, Penelitian, dan Penetapan (Ureglittap), yang bertugas menerima pengaduan keberatan dari anggota dan PNS Polri, melaksanakan registrasi dan penelitian terhadap perkara disiplin dan/atau kode etik profesi yang sedang dan telah diproses melalui mekanisme persidangan, dan menetapkan rehabilitasi terhadap anggota dan PNS Polri yang telah menjalani hukuman, sedang dalam proses pemeriksaan, dan yang tidak terbukti melakukan pelanggaran.

2) Urusan Pembinaan dan Pemulihan Profesi (Urbinlihprof), yang bertugas membina dan memulihkan profesi terhadap anggota Polri dan menyiapkan pembinaan ulang profesi bagi terhukum melalui program pendidikan dan pelatihan atau yang ditetapkan oleh atasan yang berhak menghukum (Ankum).

 

3. Subbag Yanduan

a. pelayanan dan penerimaan laporan atau pengaduan warga masyarakat mengenai sikap dan tindakan anggota atau PNS Polri yang diduga melanggar disiplin dan/atau kode etik profesi Polri. 

b. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program Bidpropam dan penanganan laporan atau pengaduan warga masyarakat, pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi di lingkungan Bidpropam.

Subbag Yanduan dibantu oleh :

a. Urusan Penerimaan Laporan (Urtrimlap), yang bertugas menerima laporan atau pengaduan warga masyarakat mengenai sikap dan tindakan anggota atau PNS Polri yang diduga melanggar disiplin dan/atau kode etik profesi Polri.

b. Urusan Monitoring dan Evaluasi (Urmonev), yang bertugas memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program Bidpropam dan menangani laporan atau pengaduan warga masyarakat, serta mengumpulkan dan mengolah data serta penyajian informasi dan dokumentasi di lingkungan Bidpropam

 

4. Subbag Renmin

a. penyusunan perencanaan jangka sedang dan jangka pendek, antara lain Renstra, Rancangan Renja, Renja, kebutuhan sarana prasarana, personel, dan anggaran

b. pemeliharaan perawatan dan administrasi personel.

c. pengelolaan Sarpras dan penyusunan laporan SIMAK-BMN.

d. pelayanan fungsi keuangan yang meliputi pembiayaan, pengendalian, pembukuan, akuntansi, dan penyusunan laporan SAI serta pertanggung- jawaban keuangan.

e. pengelolaan dan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam.

f. penyusunan LRA dan pembuatan laporan akuntabilitas kinerja Satker dalam bentuk LAKIP meliputi analisis target pencapaian kinerja, program, dan anggaran.

Subbag Renmin dibantu oleh:

a. Urren, yang bertugas membuat Renstra, Rancangan Renja, Renja, RKA-KL, DIPA, Penetapan Kinerja, KAK atau TOR, RAB, dan menyusun LAKIP Satker, serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program bidang Propam di lingkungan Polda;

b. Urmin, yang bertugas menyelenggarakan kegiatan administrasi umum personel dan materiil logistik; 

c. Urkeu, yang bertugas menyelenggarakan kegiatan pelayanan keuangan; dan

d. Urtu, yang bertugas menyelenggarakan kegiatan ketatausahaan dan urusan dalam.

 

5. Subbid Paminal

a. pembinaan teknis pengamanan internal di lingkungan Polda dan jajarannya;

b. pengamanan internal terhadap personel, materiil logistik, kegiatan, dan bahan keterangan;

c. penyelidikan terhadap pelanggaran yang diduga dilakukan oleh anggota atau PNS Polri 

d. penelitian, pencatatan, pendokumentasian, dan pengadministrasian kegiatan pengamanan internal sesuai lingkup tugasnya.

Subbid Paminal dibantu oleh: 

a. Urusan Pembinaan Pengamanan (Urbinpam), yang bertugas membina dan menyelenggarakan pengamanan internal;

b. Urusan Penelitian Personel (Urlitpers), yang bertugas menyelenggarakan penelitian dan pencatatan anggota dan PNS Polri;

c. Urusan Produk dan Dokumentasi (Urprodok), yang bertugas mendokumentasi produk-produk kegiatan pengamanan internal; dan

d. Unit Operasional (Unit Opsnal), yang bertugas melaksanakan penyelidikan dan pengamanan personel, materiil logistik, kegiatan, dan bahan keterangan

 

6. Subbid Provos

a. pemeliharaan dan pembinaan disiplin di lingkungan Polda serta pemeliharaan tata tertib di lingkungan Polda.

b. pemeriksaan, penuntutan, dan pelaksanaan sidang pelanggaran disiplin anggota Polda.

c. pengawasan pelaksanaan putusan hukuman disiplin.

d. pengawalan dan pengamanan pelaksanaan sidang disiplin.

Subbid Provos dibantu oleh :

a. Urusan Pembinaan Disiplin (Urbinplin), yang bertugas menyelenggarakan pembinaan disiplin.

b. Urusan Penegakan Hukum (Urgakkum), yang bertugas menegakkan disiplin di lingkungan Polda.

c. Unit Pemeliharaan Ketertiban (Unithartib), yang bertugas memelihara tata tertib di lingkungan Polda.

d. Unit Pemeriksaan (Unitriksa), yang bertugas melakukan pemeriksaan terhadap pelanggaran disiplin.

 

7. Subbid Wabprof

a. Pembinaan dan pemberian arahan teknis bidang profesi Polri dan pelaksanaan audit investigasi serta penilaian akreditasi profesi.

b. Penegakan terhadap pelanggaran kode etik profesi Polri melalui pembentukan Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

c. Pengadministrasian personel dan materil logistik di lingkungan Bidpropam guna mendukung pertanggungjawaban profesi di lingkungan Polda.

d. Pelaksanaan rehabilitasi terhadap anggota dan PNS Polri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

8. Banum 

Mengadakan pendataan, pengiriman dan pemeriksaan terhadap surat-surat atau dokumen-dokumen.